Strategi Trading Sederhana Ala Evy Tan

Strategi Trading Sederhana Ala Evy Tan
Sebuah ilmu tidak akan berarti apa-apa jika tidak dibagi. Tidak bermaksud menggurui atau berlaku serba pakar dalam bidang ini, tapi saya hanya ingin berbagi hal positif bagi para pembaca yang membutuhkan informasi strategi trading dari saya.

Berawal dari 7 tahun silam, pertama kali saya baru mengenal bisnis ini di PT. Monex Investindo Futures, Jakarta. Saya mendapatkan penawaran untuk berinvestasi oleh seorang kerabat saya. Pada saat itu saya benar-benar tidak mengerti bagaimana cara trading.

Berbekal penjelasan yang disampaikan oleh kerabat saya itu, saya memberanikan diri untuk invest sebanyak $5000 atau Rp 50 Juta (Fix Rate Rp 10.000 / Dollar). Saat itu saya trading menggunakan Indikator Stochastic, dan yang fungsinya untuk mengukur tingkat jenuh beli dan jual pada bursa forex.

Pada minggu pertama, hasil trading saya sempat mencapai keuntungan Rp 15 Juta. Namun, di minggu kedua saya mengalami kerugian sebesar 22 Juta. Hal itu disebabkan oleh faktor "greedy" karena ingin mendapatkan hasil yang lebih. Kejadian tersebut sangat mengecewakan, akhirnya saya coba melakukan konsultasi dengan teman saya. Beliau mengatakan bahwa faktor psikologi sangat berpengaruh terhadap result trading kita.

Setelah konsultasi, saya mulai merevisi kesalahan yang menjadi penyebab kerugian saya tersebut. Memang benar bahwa faktor psikologi sangat mempengaruhi kualitas trading kita. Faktor psikologi itu bisa merusak strategi trading dan trading plan yang sudah kita rancang sebelumnya.

Nah, pelajaran yang saya dapat diatas sangat berpengaruh terhadap pola trading yang saya lakukan sekarang. Kesimpulannya, sehebat apapun strategi dan analisa trading kita, akan menjadi sia-sia apabila kita tidak bisa me-manage psikologi kita.

STRATEGI TRADING SEDERHANA by Evy Tan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, strategi trading saya hanya menggunakan Indikator Stochastic saja. Namun saat ini saya menggabungkan indikator tersebut dengan Indikator Moving Average, yang fungsinya untuk menentukan pergerakan harga dari suatu pair. Berikut merupakan strategi menurut modal yang saya punya saat itu.
Modal Awal: $10.000
Maks Lot per OP: 1 Lot
Take Profit: 60 Poin
Stop Loss: 200 Poin
Setting Indikator Stochastic:
- (5,3,3), Exponential: untuk pair EUR/USD, GBP/USD, AUD/USD, EUR/JPY, GBP/JPY
- (14,3,3), Exponential: untuk Emas dan Minyak.
- Sinkronisasi Timeframe: M5 dan H1.

Setting Indikator Moving Average:
- MA 10, 25, dan 50. Exponential
- Timeframe: H1
Strategi Trading Sederhana oleh Evy Tan
Strategi Trading Sederhana oleh Evy Tan (klik untuk memperbesar)
Nah, gambar diatas merupakan contoh penggunaan indikator Stochastic dan Moving Average. Saya akan mengikuti Moving Average apabila terjadi Crossing (persilangan) antara 2 dari 3 garis MA yang terpasang di Meta Trader. Jika terjadi crossing ke arah atas, maka saya akan melakukan "BUY". Jika terjadi crossing ke arah bawah, maka saya akan melakukan "SELL". Ingat, strategi menggunakan indikator Moving Average ini hanya berlaku pada Timeframe H1 (1 Jam), hasilnya akan terlihat antara 1 s/d 4 jam kemudian. Bila ternyata tidak sesuai, maka batas kerugian dengan memasang Stop Loss di level 200 poin. Momen ini biasanya terjadi 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Saya akan mengikuti Indikator Stochastic apabila crossing antara 2 garis (hijau dan merah) terjadi pada level 20% atau 80%. Jika crossing terjadi pada level 20% maka saya akan melakukan "BUY". Jika crossing terjadi pada level 80%, maka saya akan melakukan "SELL". Ingat, straetgi menggunakan indikator Stochastic ini hanya berlaku apabila pada Timeframe M5 dan H1 sama-sama mengindikasikan level yang sama. Hasilnya akan terlihat dalam jangka waktu 1 s/d 4 jam. Jika ternyata tidak sesuai, maka batasi kerugian sebanyak 200 poin. Momen ini biasanya terjadi 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Nah, itu dia strategi trading sederhana yang masih saya gunakan sampai saat ini. Semoga bisa berguna untuk para pembaca.

Untuk broker di Indonesia, Evy Tan mereferensikan Monex sebagai broker terbaik dan aman di Indonesia. Untuk pendaftaran secara online, silahakan klik link berikut: Registrasi.

Untuk pertanyaan, saran, atau bagi Anda yang ingin belajar mengenai strategi ini lebih lanjut, silahkan hubungi saya melalui kotak komentar yang ada dibawah

Best Regards,

Evy Tan

No comments:

Post a Comment