Persiapan Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memulai Trading

Halo pembaca setia website EvyTan.com, kali ini saya akan memberikan informasi teknis yang sangat penting dilakukan sebelum kita memulai trading. Khusus untuk pembaca yang masih pemula atau baru pertama kali mampir di situs ini, silahkan baca artikel lainnya supaya proses pembelajarannya lebih maksimal.

TRADING WARMING UP!

Sama seperti olahraga, pemanasan sangat penting dilakukan supaya tubuh kita tidak kaget dengan aktivitas yang tiba-tiba kita lakukan, begitu pula dengan trading. Sebelum trading ada beberapa hal yang perlu kita siapkan terlebih dahulu. Saya menyebut persiapan ini dengan istilah Trading Warming-Up. Berikut merupakan persiapan yang perlu kita lakukan sebelum memulai trading:

1. Bangun Pagi, Lihat ForexFactory.com

Sebagai seorang trader yang profesional, Anda harus rajin membaca berita ekonomi dunia yang sangat mempengaruhi pergerakan market. Bagi beberapa trader mungkin jarang bahkan ada yang tidak suka trading saat berita, namun mereka tetap membaca berita untuk menghindari pergolakan harga ekstrim yang dihasilkan berita tersebut. Tidak membaca berita sangat mempengaruhi aktivitas dan pola trading kita nantinya.

2. Hitung Range Pergerakan Harian atau Daily

Seorang trader yang profesional sudah pasti mengetahui hal ini. Dengan menghitung pergerakan harga sehari sebelumnya kita bisa memprediksi berapa kisaran harga yang akan terjadi hari ini. Tentunya kita perlu tahu rata-rata range pergerakan harga dari tiap-tiap pair mata uang dan komoditas. Kita juga perlu menghafal jam atau sesi open market. Market Asia, Eropa dan Amerika memiliki sesi yang berbeda. Untuk jadwal Market Hours bisa dibaca di link ini: Jadwal Sesi Open Market Dunia.

3. Perkirakan Maksimal Poin Yang Anda Targetkan

Setelah mendapatkan informasi range pergerakan harian, selanjutnya kita baru bisa menentukan target poin yang akan kita capai dalam sehari. Untuk bijaknya, targetkan 50% dari kisaran harga yang telah Anda prediksi.

Misalnya, Anda memilih untuk trading pair EUR/USD. Pair tersebut termasuk dalam sesi London. Untuk menghemat margin dan dana, sebaiknya tunggu open market sesi Eropa yaitu pada jam 14.00 (WITA). Asumsikan pergerakan harian EUR/USD pada hari sebelumnya adalah 200 poin. Maka, untuk target poin yang bijak adalah sekitar 50 - 100 poin.

4. Perkirakan Batas Resiko Jika Terjadi Kerugian

Setelah selesai memperkirakan target poin, tahap selanjutnya adalah membatasi resiko kerugian yang akan terjadi. Dalam trading tidak ada yang namanya "Untung Terus". Kalau ada yang untung terus pasti udah jadi orang paling kaya di dunia. Anggap aja trading itu seperti ujian sekolah, dari beberapa pertanyaan kita hanya bisa menjawab dengan benar 7 dari 10 pertanyaan. Begitu juga dengan trading, kita harus tentukan berapa kali kita akan mengambil posisi dalam sehari atau sebulan baru bisa melihat hasil trading kita apakah baik atau tidak.

Nah, membatasi kerugian sangat penting dalam trading. Lagian jaman sekarang trading itu udah sangat mudah dengan adanya aplikasi trading Meta Trader. Semuanya sudah serba otomatis dan bisa di kustom menurut kebutuhan kita.

5. Istirahat Yang Cukup

Setelah selesai beraktifitas trading seharian, apalagi sambil melakukan aktifitas lainnya pasti akan memakan energi yang juga menguras daya konsentrasi kita. Untuk itu kita perlu mendapatkan istirahat yang cukup. Dengan beristirahat, kita bisa mempersiapkan energi dan konsentrasi untuk beraktifitas esok harinya.

KESIMPULAN

Trading Warming-Up sangat penting untuk dilakukan sebelum memulai trading supaya kita bisa fokus menentukan Entry Point yang paling tepat dan bijak.

Oke, itu dia tips trading sederhana dari Evy Tan. Silahkan berikan saran dan komentarnya di bawah.

Evy Tan,
0821-2407-5202

No comments:

Post a Comment